in

10 Software Backup Open Source Terbaik Untuk Windows

Daftar 10 software terbaik untuk melakukan backup pada sistem operasi windows yang dapat menghemat banyak waktu

10 Software Backup Open Source Terbaik
10 Software Backup Open Source Terbaik
80 / 100

10 Software Backup Open Source Terbaik Untuk Windows ini merupakan yang paling populer dan banyak dipergunakan saat ini untuk melakukan backup data dari laptop dan komputer ke media penyimpanan seperti external hdd. Kelebihan lain dari dari daftar sofware open source berikut ini adalah pengguna dapat melihat dan mengakses langsung kode sumber dari aplikasi ini dan dapat melakukan tweak atau perubahan lainnya. Selain penggunaan yang mudah, open source juga banyak dipergunakan karena dapat dikatakan murah pada proses implementasi serta pemanfaatanya, dan telah banyak dipergunakan di data center, perkantoran, pendidikan bahkan personal di rumahan.

Table of Content

Windows Backup Software Open Source

Mari kita lihat berikut ini dibawah merupakan software backup data dengan lisensi open source yang terbaik diluaran sana. Beberapa software backup data dibawah ini dapat berjalan di UNIX, Linux, Windows dan Mac OS.

AMANDA

Software backup ini merupakan salah satu software backup data open source yang paling tua. Nama AMANDA diberikan pada saat dikembangkan di Universitas Maryland pertama kali. AMANDA sendiri memiliki kepanjangan Adance Maryland Disk Archive.

Amanda merupakan program yang dapat dijadualkan, otomatis dan monitoring yang memiliki fitur native backup seperti tar untuk Unix dan Linux serta zip untuk Windows. Sofware backup ini memungkinkan untuk memulihkan dokumena apapun yang telah tersimpan sebelumnya saat terjadi kegagalan hardware dengan semua tipe file yang didukung oleh Amanda.

Bacula

Bacula awalnya dibuat dan dikembangkanoleh Kern Sibbald, Bacula sendiri bukan merupakan bada bercula ya. Inspirasi dari pengembangan bacula ini sendiri oleh Kern Sibbald adalah untuk mengantikan software backup data yang sering dia liat dan temukan di data center, dan memiliki mimpi untuk suatu saat dapat mengantikan software tersebut dengan Bacula yang dia kembangkan.

Fitur dari bacula sendiri merupakan fitur umum yang terdapat pada software backup data lainnya yaitu, penjadualan, otomatisasi serta tracking keseluruhan data backup, yang memungkinkan pengguna untuk dapat dengan mudah mengembalikan data yang diinginkan.

BackupPC

Kedua software backup open source Amanda serta Bacula memiliki perilaku seperti software konvensional backup lainnya, yang memiliki fitur untuk dapat melakukan backup ke dalam disk maupun tape(pita).

BackupPC memiliki fungsi yang hanya melakukan backup data untuk disk dengan proses yang sama dengan software sebelumnya. Melukan backup data secara sistematis dan berurutan dan menyimpan backup tersebut dalam format orisinilnya. Meskin demikian, BackupPC merupakan pemilihan menarik apabila proses backup yang diinginkan adalah melakukan backup data seperti file-file.

Box Backup

Box Backup adalah open source, otomatis sepenuhnya, sistem backup data online. Seluruh informasi dan data yang dibackup tersimpan di server dalam bentuk file dan terenkripsi. Sotware backup ini tidak menggunakan perangkat tambahan seperti tape, disk drive dan lain sebagainya karena backup data online seutuhnya.

BareOS

BareOS merupakan kumpulan program program dari sistem komputer yang memungkinakan seorang teknisi IT dapat melakukan backup, pemulihan/recovery data dan melakukan konfirmasi terhadap data komputer melalui jaringan. Software backup data open source ini juga dapat secara mandiri berjalan pada satu buah komputer dan dapat melakukan proses backup data ke tape dan disk. Pada istilah teknis, software backup bareos ini disebut layan backup client server.

Clonezilla

Clonezilla merupakan software backup open source yang bekerja untuk melakukan kloning dari partisi maupun harddisk sesuai dengan namanya. Clonezilla sendiri dapat dikatanya menyerupai beberapa software ghost yang dahulu sering dipergunakan dan masih tersedia dipasaran sampai dengan saat ini. Software Backup Open Source Terbaik Untuk Windows ini dapat dipergunakan untuk dapat melakukan secara langsung proses implementasi sistem operasi terhadap banyak komputer maupun server sekaligus.

FOG

FOG adalah software kloning open source dan gratis, recovery serta pengumpulan images. Software ini dapat digunakan untuk membuat image dari sistem operasi Windows dan terdiri dari atribut seperti pemeriksaan memori dan disk, pembersihan disk, pemindaian anti-virus, dan pengorganisasian.

Areca Backup

Areca Backup adalah perbaikan cadangan individu Open Source yang diluncurkan di bawah General Public License (GPL) v2. Ini pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memilih sekumpulan dokumen / direktori untuk dicadangkan, memilih di mana dan juga bagaimana (sebagai salinan file sederhana, sebagai arsip zip, …) mereka akan disimpan, dan juga mengkonfigurasi tindakan pasca-pencadangan (seperti mengirim catatan cadangan melalui email atau memperkenalkan manuskrip sampul yang dipersonalisasi).

UrBackup

UrBackup mudah untuk mengkonfigurasi sistem backup klien / server Open Source, yang dengan kombinasi foto dan juga backup data mencapai keamanan data dan juga waktu perbaikan yang cepat. File, serta cadangan foto, dibuat saat sistem berjalan tanpa mengganggu prosedur yang ada.

Duplicati

Duplicati adalah program perangkat lunak cadangan gratis untuk menyimpan cadangan terenkripsi online untuk Windows, macOS dan Linux. Duplicati berkolaborasi dengan protokol standar seperti FTP, SSH, WebDAV bersama dengan solusi populer seperti Microsoft OneDrive, Amazon Cloud Drive & S3, Google Drive, box.com, Mega, hubiC, dan juga banyak lainnya.

Duplicati meruapakn software yang gratis dan juga open source. Duplicati dapat digunakan tanpa biaya serta dapat juga untuk tujuan komersial. Kode sumber disertifikasi di bawah LGPL. Duplicati dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, MacOS dan membutuhkan.NET 4.5 atau Mono.

Software Backup Open Source Terbaik mana yang akan dipergunakan ?

Memilih software backup open source data sepenuhnya bergantung pada fungsi yang dimiliki serta kebutuhan. Salah satu elemen yang penting untuk dimiliki adalah bahwa BackupPC dan Amanda membutuhkan sebuah server Linux untuk dapat mengatur backup dan Bacula memiliki server Windows untuk dapat melakukan hal yang sama.

Daftar 10 software terbaik untuk melakukan backup pada sistem operasi windows yang dapat menghemat banyak waktu dan semua software backup open source terbaik diatas sangat populer. Yang mana yang akan dipilih serta digunakan ?, hal tersebut bergantung pada apa yang di butuhkan. Fitur mana yang benar-benar luar biasa dari software backup open source terbaik diatas adalah mereka dapat didownload, dipasang serta dapat dipergunakan tanpa biaya sama sekali. Jadi dapat dengan mudah dan bebas untuk menentukan mana yang jauh lebih baik untuk kebutuhan serta sesuai setelah mencoba semua itu.

What do you think?

Written by MakeIT

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Cara Install Webserver Apache di Ubuntu 20.04

Cara Install Webserver Apache di Ubuntu 20.04

Cara install Control Panel Hestia

Cara Install Control Panel Hestia di Debian