12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

Aug 21, 2019CentOS, Debian, Ubuntu0 comments

12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula | 12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula 1 1
Perintah Dasar Linux

Linux memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan kita, atau paling tidak, secara tidak sadar bagi pengguna Smartphone Android adalah pengguna Linux karena Android mepergunakan Linux Kernel. Bagaimanapun juga, meskipun saat ini Linux Desktop sudah dapat dengan mudah dipergunakan semudah Drag and Drop, akan tetapi bagi pengguna Linux pemula yang ingin belajar melakukan administrasi server bebasis Linux perlu mengetahui perintah-perintah dasar Linux yang umum dan hampir selalu dipergunakan saat melakukan pengelolaan server.

12 Perintah Dasar Linux Yang Membantu Pemula Memulai

Saat kita berbicara mengenai perintah dasar Linux, yang sebenarnya kita bicarakan adalah sistem Linux itu sendiri. Perintah dasar linux ini tidak lantas menjadikan kita expert tapi akan membantu pengguna baru linux server untuk dapat mulai melangkah. Perintah dasar ini akan membantu pemula pengelola Linux server sehari-hari.

Baca Juga :
Repository Ubuntu LTS Lengkap 2019
15 Langkah Cara Install Ubuntu Server 18.04

Oleh karena itu, mari memulai Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

1. sudo

kependekan dari SuperUserDo (sudo) merupakan perintah yang paling penting untuk pengelolaan Linux. Setiap baris perintah yang membutuhkan akses root membutuhkan perintah sudo ini. Perintah sudo dipergunakan pada awal setiap perintah yang membutuhkan akses root.

Menjalakan perintah yang membutuhkan akses root

[email protected]@makeitfossible:~# sudo [perintah]

Berganti akses menjadi user root

[email protected]@makeitfossible:~# sudo su

2. ls (list)

Saat mengelola server dan ingin melihat daftar file atau folder apa saja yang ada, maka, dengan perintah list akan menunjukan file dan folder pada direktori dimana saat ini berada. Sebagai contoh, ingin melihat daftar file dan folder yang berada pada direktori /home/ngadmin dimana saat ini berada.

[email protected]:~$ ls -al
 total 104
 drwxr-xr-x 5 ngadmin ngadmin  4096 Aug 20 07:27 .
 drwxr-xr-x 3 root    root     4096 Aug  1 14:23 ..
 -rw------- 1 ngadmin ngadmin  1560 Aug 20 15:40 .bash_history
 -rw-r--r-- 1 ngadmin ngadmin   220 Apr  4  2018 .bash_logout

Penjelasan dari perintah ls (list) diatas adalah

ls = list
a = all, semua file dan folder yang berada pada direktori tersebut.
l = list, satu file setiap barisnya.

Untuk lebih lengkap melihat opsi apa saja yang dapat dipergunakan dengan printah ls adalah dengan menampilkan helper

[email protected]:~$ ls --help

3. cd (change directory)

Berpindah antar direktori didalam Linux dapat menggunakan perintah cd yang selalu dipergunakan pada baris perintah terminal. Untuk menggunakan perintah ini sangat mudah tinggal menambahkan nama tujuan direktori setelah perintah cd. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut

Berpindah ke direktori dengan nama direktori data

[email protected]:~$ cd data

Untuk kembali kedirektori yang sebelumnya dengan menggunakan .. (titik dua kali) setelah perintah cd.

[email protected]:~$ cd ..

Dan apabila ingin berpindah pada direktori yang berada dibawah root direktori adalah sebagai berikut. Contoh akan berpindah ke direktori /tmp maka dapat dilakukan dengan perintah berikut

[email protected]:~$ cd /tmp

4. mv (move)

Untuk memindahkan file dari suatu folder atau direktori dari satu ke yang lainnya, maka baris perintah yang dipergunakan adalah mv (move). Perintah mv pada dasarnya sama dengan yang dilakukan saat menggunakan Linux desktop untuk memindahakan file dengan cara drag and drop dari satu folder ke folder yang lainnya.

[email protected]:~$ mv dokumenku.docx /tmp/

Baris perintah diatas akan memindahkan file dengan nama dokumenku.docx ke folder tujuan /tmp

5. cp (copy and paste)

Perintah yang penting saat ingin melakukan penataan pada file, perintah cp (cut and paste) merupakan perintah yang dipergunakan. Pertama, tentukan file yang ingin dicopy pada direktori yang dituju atau nama baru file.

[email protected]:~$ cp dokumenku.docx /tmp/

Maksud dari perintah diatas alah melakukan copy file dengan nama dokumenku ke direktori /tmp dengan nama file yang sama.

[email protected]:~$ cp dokumenku.docx dokumencopy.docx

Perintah diatas akan melakukan copy file dokumenku.docx dan membuat copy dengan nama dokumencopy.docx

6. rm (remove)

Untuk menghapus file maupun direktori perintah yang dipergunakan adalah rm (remove), untuk file dapat langsung menggunakan rm namafile yang akan dihapus, sedangkan folder diperlukan penambahan opsi -r (recrusive) dan implementasinya adalah sebagai berikut

[email protected]:~$ rm dokumenku.docx
[email protected]:~$ rm -r folderdokumen

Dan jika memerlukan akses root untuk menghapusnya maka yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut

[email protected]:~$ rm -rf folderdokumenku

7. Mkdir (make directory)

Membuat direktori baru dalam Linux dapat menggunakan perintah mkdir (make directory). Dan berikut ini adalah contoh beberapa perintah mkdir

[email protected]:~$ mkdir cobadirektori

Untuk membuat membuat multi direktori dalam satu baris perintah dapat dilakukan dengan perintah sebagai berikut

[email protected]:~$ mkdir {cobadirektori,testdirektori}

8. touch

Membuat file baru didalam Linun dengan baris perintah sangat mudah, cukup dengan menggunakan perintah touch dan disertai nama file yang akan dibuat setelahnya.

[email protected]:~$ touch dokumenbaru

9. cat

Saat mengelola server, terkadang kita perlu untuk melihat isi dari suatu file baik itu teks biasa maupun kode bahasa pemrograman. Untuk melakukan ini perintah linux yang dapat dipergunakan adalah cat yang akan menampilkan teks maupun sintaks bahasa pemrograman ke layar.

[email protected]:~$ cat index.html

Hasilnya adalah akan menampilkan isi dari file index.html di layar.

10. grep

grep merupakan kependekan dari global regular expression print. Grep adalah perintah yang memiliki fungsi untuk melakukan filtering atau mencari teks serta menampilkan setiap baris kata yang cocok sesuai pola atau pattern yang telah ditentukan. Dibawah ini adalah beberapa contoh dalam memanfaatkan perintah grep

[email protected]:~$ grep hallo index.html
hallo Linuxer

Hasil dari perintah grep diatas adalah mencari teks hallo yang berada pada file index.html dan mengeluarkan hasilnya dengan memberikan warna pada teks yang dimaksud

11. locate

Untuk menemukan lokasi sebuah file atau folder yang tidak tau dimana letaknya, perintah locate dapat melakukan hal tersebut dengan mudah.

[email protected]:~$ locate mysql.cnf

Untuk menemukan dimana letak lokasi file dengan nama mysql.cnf. Terkadang, apabila file yang dicari tidak diketemukan, bukan berarti tidak ada maka perlu dilakukan update atau pembaharuan terlebih dahulu terhadap database locate dengan melakukan perintah dibawah

[email protected]:~$ updatedb 

Jika diperlukan akses root untuk melakukan updatedb maka tambahkan sudo pada depan perintah updatedb seperti dibawah ini.

[email protected]:~$ sudo updatedb

12. clear

Perintah clear melakukan sesuai dengan namanya, yaitu membersihkan tampilan pada layar dari hasil-hasil perintah yang sebelumnya dilakukan.

[email protected]:~$ clear

Pin It on Pinterest

Share This