15 Langkah Cara Install Ubuntu Server 18.04

Tutorial Dan Panduan Install Ubuntu Server 18.04 Lengkap

15 Langkah cara install ubuntu server 18.04 sebagai referensi tutorial dan panduan install ubuntu server yang belum pernah melakukan install secara mandiri. Panduan cara install ini akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana proses install ubuntu sampai dengan selesai dan siap dipergunakan. Tutorial cara install ubuntu server 18.04 ini akan menggunakan ISO dengan versi ubuntu-18.04.2-live-server-amd64.iso.


Ubuntu server merupakan varian dari standar ubuntu desktop yang sudah banyak dipergunakan diseluruh dunia, dibuat khusus untuk networking dan services. Ubuntu server dapat dipergunakand dari yang paling sederhana seperti layanan fileserver sampai dengan operasi node cloud skala besar dengan 50,000 node.


Tidak seperti installasi ubuntu desktop yang menggunakan GUI (Graphic User Interface), ubuntu server tidak menggunakan fitur tersebut. Melainkan, menggunakan teks sebagai antar muka installasinya.

Kebutuhan Hardware Ubuntu Server 18.04

Setiap sistem operasi pasti memerlukan kebutuhan hardware minimum yang harus tersedia, tidak terkecuali ubuntu server bionic beaver ini. Spesifikasi minimum yang dikeluarkan secara resmi oleh canonical sebagai pengembang ubuntu adalah sebagai berikut :

  • Harddisk, pastikan ketersediaan ruang kosong pada harddisk minimum adalah 2GB
  • Terdapat CD/DVD Rom atau USB untuk menjalakan medium installasi baik menggunakan CD/DVD maupun flashdisk installer.
  • Jika ingin install ubuntu server dengan data yang sudah ada sebelumnya, pastikan bahwa telah membuat backup terlebih dahulu untuk menghindari jika terjadi kesalahan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan minimum ubuntu server, dapat merujuk pada dokumentasi resmi yang di keluarkan oleh canonical pada dokumen server guide pages
Apabila belum pernah membuat media installer ubuntu, dapat merujuk pada artikel dibawah ini untuk tutorial dan panduan cara membuat usb flashdisk intaller.

Mulai Install Ubuntu Server 18.04

Untuk memulai proses install ubuntu server adalah dengan langkah berikut. Pasang CD/DVD pada CD/DVD Rom drive atau pasang USB Installer yang telah dibuat.

Restart komputer untuk memulai installasi

Dalam beberapa saat dilayar akan tampil seperti gambar dibawah ini
[Gambar]

Sebagian banyak komputer akan secara otomatis melakukan boot pertama melalui USB atau DVD, jika menemukan kemampuan ini dalam kondisi disable, kemungkinan dahulu pernah dimatikan untuk mempercepat proses boot. Jika tampilan welcome screen tidak muncul maka perlu dilakukan pengaturan untuk boot pertama kali ke USB atau DVD Rom, sesuaikan dengan media installasi yang akan dipergunakan.

Umumnya, sesaat setelah reboot akan muncul pada layar informasi mengenai fungsi tombol yang dapat dipergunakan untuk memilih boot maupun masuk ke menu BIOS. Bergantung dari merek, umumnya fungsi tombol tersebut adalah Escape (Esc), F2, F10 atau F12 bahkan F11.

Memilih bahasa saat install ubuntu server 18.04

Sesaat setelah welcome screen akan muncul pengaturan bahasa yang akan dipergunakan saat menjalankan proses installasi. Pada tutorial dan panduan cara install ubuntu server 18.04 ini akan menggunakan bahasa English untuk proses installasi.
Untuk memilih bahasa, dapat menggunakan tombol Atas dan Bawah serta Enter untuk memilih, pilih bahasa English dan tekan Enter.

Memilih Keyboard Layout

Sebelum diminta untuk mengisi apapun saat proses install, installer akan menanyakan untuk memilih keyboard layout yang akan dipergunakan. Pada umumnya jenis keyboard layout yang dipergunakan adalah qwerty. Dan hal tersebut sama dengan pilih English (US) secara default.
Apabila tidak yakin dengan jenis layout yang mana, biarkan saja secara default. Tapi, apabila ingin mengati layout keyboard yang lain dapat dilakukan juga saat proses ini. Seiring dengan selesai proses installasi jenis keyboard layout ini juga dapat diganti nantinya.

Pemilihan Mode Install Ubuntu Server 18.04

Pada layar akan muncul tiga pilihan mode install yang tersedia, yaitu :

  • Install Ubuntu
  • Install MAAS Region Controller
  • Install MAAS Rack Controller

Dua pilihan dari bawah dipergunakan untuk installasi spesifik sebagai Metal As A Service (MAAS). Jika, memilih install MAAS maka dapat merujuk pada dokumentasi MAAS Documentation yang disediakan oleh canonical. Pada tutorial dan panduan install ini, mode yang dipilih adalah Install Ubuntu.

Konfigurasi Kartu Jaringan


Secara default system installer akan otomatis melakukan deteksi dan melakukan konfigurasi jaringan menggunakan DHCP, pada tutorial ini pilihan dibiarkan berjalan secara otomatis dan dapat diubah nanti saat proses install telah selesai dilakukan.

Pemilihan Layout Partisi


Langkah berikutnya adalah menentukan layout partisi yang akan dipergunakan untuk installasi ubuntu server, pilihan yang teredia adalah membiarkan ubuntu secara otomatis melakukan hal ini atau melakukan secara manual.


Jika ingin melakukan partisi secara manual saat proses ini juga dimungkinkan, tapi hal ini disarankan bagi yang telah mengetahui dan mengerti jenis-jenis partisi yang diperlukan agar ubuntu dapat berjalan dengan normal.
Untuk lebih mudah pilih [ Use An Entire Disk ]

Memilih Harddisk Untuk Ubuntu Server 18.04

Menu berikutnya yang muncul adalah pemilihan harddisk, pada proses ini ubuntu installer akan secara otomatis melakukan deteksi berapa perangkat harddisk yang terpasang dan secara otomatis melakukan deteksi dan menampilkan dalam pilihan. Pada tutorial ini harddisk yang dipergunakan adalah satu maka yang tampil hanya satu, seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Pilih harddisk yang tersedia dan lanjutkan.

Informasi Layout Partisi

Karena proses pembuatan partisi yang dipilih adalah otomatis, pada tahap ini yang ditampilkan adalah informasi layout partisi yang akan dipergunakan yang dibuat oleh installer. Installer akan secara otomatis melakukan kalkulasi dan disesuaikan dengan spesifikasi perangkat server yang tersedia.


Apabila informasi layout partisi tidak sesuai dengan yang diperkirakan atau memilih perangkat harddisk yang salah, pergunakan tombol panah untuk melakukan navigasi pada menu Back pada bagian bawah. Pilihan ini akan membawa kembali pada proses sebelumnya dimana dapat memilih pada perangkat harddisk yang lain.

Konfirmasi Layout Partisi


Sebelum installer melakukan perubahan layout partisi dan melakukan formating terhadap harddisk, akan muncul peringatan dan konfirmasi untuk melanjutkan, pilih saja Continue untuk melanjutkan.

Pengaturan Profile Pengguna

Halaman ini adalah dimana tempat mengisikan informasi pengguna yang akan mempergunakan server ubuntu 18.04 ini. Salah satu informasi penting yang dibutuhkan oleh Ubuntu Server adalah informasi mengenai user dan hostname serta password.


Isikan setiap informasi yang dibutuhkan dan catat, karena nanti akan dipergunakan sebagai pengelola server ubuntu ini.

Install Software

Setelah proses pengisian informasi yang dibutuhkan oleh installer, layar akan tampak seperti gambar dibawah yang menunjukkan progres dari installer. Ubuntu installer saat ini hanya memasang software yang dibutuhkan oleh server, dan hal ini mempercepat proses installasi. Sudah tentu, saat proses install selesai dapat secara manual ditambahkan software yang dibutuhkan nantinya saat mengelola server ini.

Install Ubuntu Server 18.04 Selesai


Saat proses install telah selesai, pada layar akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Cabut media installer baik USB maupun CD/DVD dan lakukan reboot

Apa Selanjutnya ?

Dengan ubuntu server selesai dan siap dipergunakan, sekaran sudah dapat dipergunakan untuk membuat layanan file-server atau multi node yang disinggung pada awal tutorial dan panduan ini. Apabila belum tau dan masih belajar serta ingin melakukan eksplorasi, beberapa artikel dibawah ini dapat dipergunakan untuk mencoba server ubuntu.


Install LAMP di Ubuntu Server 18.04
Cara Menambahkan Repository Indonesia di Ubuntu 18.04

15 Langkah Cara Install Ubuntu Server 18.04 telah selesai dilakukan dan server ubuntu 18.04 siap untuk dipergunakan sebagai layanan-layanan yang direncanakan.

Repository Ubuntu 19.04 Server Indonesia Lengkap

Repository Ubuntu 19.04 Server Indonesia Lengkap

Repository Ubuntu 19.04 server lokal indonesia lengkap. Ubuntu 19.04 rilis pada bulan April tepatnya tanggal 18 tahun 2019. Rilis Ubuntu versi stabil ini diberinama Disco Dingo, dingo sendiri merupakan salah satu jenis anjing yang merupakan penghuni asli Australia....

12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

Perintah Dasar Linux Linux memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan kita, atau paling tidak, secara tidak sadar bagi pengguna Smartphone Android adalah pengguna Linux karena Android mepergunakan Linux Kernel. Bagaimanapun juga, meskipun saat ini Linux Desktop...

Install Angular di Ubuntu 18.04

Install Angular di Ubuntu 18.04

Panduan Install Angular di Ubuntu 18.04 Server LTS Angular merupakan framework untuk javascript yang dapat membantu saat membuat single-page aplikasi untuk web/moble/desktop. Angular mendukung penggunaan TypeScript alih-alih menggunakan JavaScript. Angular akan di...

Tutorial Install Node JS di Ubuntu

Tutorial Install Node JS di Ubuntu

Mengenal Node JS Tutorial Install Node JS di Ubuntu, Windows dan Mac? sebelum kesana, apasih nodejs itu?, Node JS merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk dapat mengembangkan aplikasi yang berbasis web dan penulisannya menggunakan bahasa pemrograman JavaScript....

Repository Ubuntu LTS  Lengkap 2019

Repository Ubuntu LTS Lengkap 2019

Apa sih Repository Ubuntu ?, ada ribuan program Ubuntu yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan para pengguna Ubuntu. Banyak dari program ini disimpan dalam arsip perangkat lunak yang biasa disebut sebagai repository. Repository Ubuntu disediakan untuk mempermudah...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This