in ,

Apa Itu CentOS ? Mengapa CentOS ? Kelebihan CentOS ?

Apa-itu-CentOS-dan-Mengapa-CentOS-8
75 / 100

Apasih CentOS itu dan mengapa CentOS emang kelebihan CentOS apa ?

Apa Itu CentOS ?

CentOS (dibaca:sentos) merupakan kependekan dari Community ENTerprise Operating System merupakan salah satu distribusi linux dengan tujuan untuk menyediakan platform dengan komputasi kelas enterprise dan kode binernya memiliki kompabilitas dengan kode sumber yang menjadi induknya RedHat/Red Hat Eteprise Linux (RHEL).

CentOS pertama kali dirilis untuk publik pada bulan Mei tahun 2004 dengan nama CentOS 2, yang diturunkan dari RHEL 2.1AS sebagai induknya. Sejak CentOS 7 rilis, CentOS hanya mendukung arsitektur x86_64 (64bit), untuk AltArch CentOS 7 tersedia arsitektur IA-32, dan yang lain adalah PowerISA, ARMv7hl serta varian dari arsitektur untuk ARM AArch64. CentOS 8 yang merupakan rilis paling baru, diluncurkan ke publik pada 24 September tahun 2019.

Sejarah Dari CentOS

Seperti pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”, jadi mari kita berkenalan, sebelum dikenal dengan sebutan atau nama yang sekarang, CentOS merupakan pengembangan dari CAOS Linux yang dikembangkan dan dimulai oleh Gregory Kurtzer. Pada Juni tahun 2006, David Parsley pengembang utama dari distribusi Tao Linux yang merupakan turunan lain dari RedHat, mengumumkan penghentian pengembangan dari Tao Linux. Para pengguna Tao Linux melakukan migrasi ke rilis CentOS menggunakan perintah yum update.

Pada Juli tahun 2009 terdapat surat terbuka pada website CentOS Project mengenai founder dari CentOS, lance Davis menghilang pada tahun 2008. Davis pada tahun tersebut telah berhenti melakukan kontribusi terhadap pengembangan CentOS, namun masih tetap memegang registrasi untuk domain CentOS serta akun PayPal yang dipergunakan untuk menampung donasi. Pada Agustus di tahun 2009, tim pengembang CentOS berhasil melakukan komunikasi dengan Davis dan telah mendapatkan domain centos.info serta centos.org.

Setahun sejak memperoleh domain resmi proyek CentOS dari Davis, tepatnya tahun 2010, CentOS berhasil mengeser posisi Debian dari distro paling populer untuk webserver, dengan penggunaan hampir 30% linux webserer menggunakannya dan digusur kembali oleh Debian pada tahun 2012 bulan Januari.

Pada tahun 2014 tepatnya pada bulan January RedHat mengumumkan memberikan dukungan dan mengambil alih proyek CentOS atas dukungan ini maka kepemilikan dan trademark dari CentOS beralih ke tangan RedHat. Dari sini, seluruh pengembang utama dari CentOS dipekerjaan oleh RedHat dibawah naungan divisi RedHat Open Source dan Standard team, yang beroperasi terpisah dari tim Red Hat Enterprise Linux dengan manajemennya sendiri.

Desain Pengembangan CentOS ?

Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk menggunakannya tersedia dalam layanan berlangganan atau untuk pengembangan dapat menggunakannya tidak dalam bentuk kormersil atau server produksi. Layanan berbayar ini sendiri, memberikan dukungan terhadap update sofftware terbaru sampai dengan dukungan teknis berbagai level. Produk ini sendiri terdiri dari software yang didistribusikan dibawah free software license dan source code atau kode sumber dari paket-paket ini oleh Red Hat dibiarkan terbuka untuk publik.

Para pengembang dari CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat untuk membuat hasil final dari distribusi tersebut sangat mirip dengan RHEL. Setiap branding dan logo Red Hat sendiri telah dihilangkan karena kebijakan dari Red Hat yang tidak memperkenankan untuk dilakukan redistribusi. CentOS sendiri tersedia secara gratis. Dukungan teknis dari CentOS sendiri umumnya diberikan oleh komunitas pengguna yang biasanya melalui mailing list resmi, web forum maupun chat room.

Proyek CentOS terafiliasi dengan Red Hat, namun lebih kearah publik dan inklusif. Meskipin Red Hat memperkerjakan seluruh para pengembang utama dari CentOS, namun CentOS sendiri bergantung pengembangannya kepada donasi dari pengguna dan dukungan dari organisasi-organisasi diluar sana.

Mengapa CentOS ?

Saat akan menentukan sistem operasi apa yang akan dipergunakan untuk layanan web hosting, terdapat banyak sekali pilihan tersedia dan mengapa harus CentOS. CentOS telah banyak dipergunakan oleh industri penyedia jasa hosting sampai dengan sekarang dan merupakan salah satu preferensi distribusi Linux yang akan menjadi kandidat utama. Meskipun akhir-akhir ini posisi puncak telah diambil alih oleh Ubuntu Server sebagai sistem operasi utama yang dipergunakan untuk web hosting. Namun, berikut ini adalah 5 (lima) keunggulan yang dapat dijadikan pertimbangan.

[box type=”info”]

oVirt – Virtualisasi Open Source Untuk Datacenter

Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru

12 Perintah Dasar Linux Untuk Pemula

[/box]

Kelebihan CentOS ?

1. CentOS Lebih Stabil

CentOS diakui oleh banyak orang lebih stabil ketimbang distribusi linux yang lain, dan sering kali setiap rilis dari CentOS jauh lebih matang dari yang lain. CentOS menggunakan aplikasi yang paling stabil dan setiap rilis memakan periode yang lama selain itu setiap aplikasi tidak diperlukan sering-sering untuk melakukan update.

2. Keamanan CentOS

Pada era digital saat ini, keamanan atau digital security merupakan fokus utama pada setiap implementasi maupun pengembangan baru. CentOS telah memiliki beberapa fitur keamanan ini secara bawaan. Salah satu fitur bawaan CentOS adalah SELinux (Security-Enhanced Linux) yang dapat dipegunakan untuk melindungi server dari cyber attack.

SELinux merupakan mekanisme akses kontrol yang memaksakan setiap aturan terhadap proses dan file berdasarkan pada aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu keunggulan adalah mengurangi celah keamanan pada serangan priviliages escalation, saat penyerang mendapatkan akses, penyerang hanya memiliki akses terhadap fungsi-fungsi normal pada proses yang telah ditetapkan hak aksesnya.

3. Manajemen Paket CentOS

Menambahkan paket baru atau melakukan update pada server produksi terkadang cukup riskan untuk dilakukan secara manual. CentOS menggunakan manajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) untuk dapat melakukan update dengan mudah meskipun pada server produksi. CentOS sangatlah fleksibel dalam pemanfaatannya, dapat dipergunakan untuk berbagai server layanan seperti, database server, webserver, mail server, fileserver, proxy server dan lain sebagainya.

Versi terbaru dari CentOS juga telah dapat dipergunakan sebagai server container, virtualisasi, serta layanan mikro lain seperti Docker.

4. Dokumentasi CentOS

Karena CentOS merupakan sistem operasi yang banyak dipergunakan di seluruh dunia terutapa pada industri web hosting, dan secara tidak langsung telah menjadi standard yang umum dipergunakan. Manfaat paling besar dari banyaknya pengguna adalah tersedianya informasi dan dokumentasi yang sangat banyak dan lengkap serta mencakup berbagai kebutuhan. Adanya komunitas pengguna dan pengembang yang terus berbagi informasi serta perbaikan menjadikan CentOS banyak menjadi pilihan utama.

Ada banyak saluran untuk dapat belajar maupun mencari referensi mengenai CentOS, ada forum, website tentang teknologi server, website yang berisikan informasi panduan penggunaan dan install atau dapat merujuk pada wiki CentOS yang resmi pada tautan CentOS Wiki Website

5. Panel Manajemen Untuk CentOS

Terakhir, untuk memudahkan dalam melakukan manajemen server linux berbasis pada CentOS, telah tersedia banyak sekali aplikasi manajemen server yang terkenal seperti, cPanel, InterWorx, WebMin, DirectAdmin, Spacewalk, CWP, Plesk, ISPConfig, Virtualmin, Vesta CP sampai dengan Cockpit untuk manajemen virtualisasi.

Panel manajemen untuk CentOS memudahkan untuk melakukan pengelolaan website pada satu server sehingga terjadi efisiensi dalam pengelolaan server tersebut.Panel ini memungkinkan untuk melakukan manajemen secara lengkap dari mulai pengaturan yang kompleks terkait dengan manajemen server dapat dilakukan hanya degan beberapa klik.

What do you think?

Written by MakeIT

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Daftar-Repository-Ubuntu-20.04-LTS-Indonesia

Repository Ubuntu 20.04 Focal Fossa Indonesia Lengkap

Cara Install MariaDB di CentOS 8 Server dan Desktop | MariaDB

Cara Install MariaDB di CentOS 8 Server dan Desktop