in

Apa Itu Webserver Nginx Apache LiteSpeed Lighttpd

Apa itu webserver,pengertian web server,contoh web server

APA ITU WEBSERVER
APA ITU WEBSERVER
76 / 100

Apa Itu WebServer ?

Webserver merupakan gabungan antara software dan hardware server yang didedikasikan untuk dapat menjalakan software web server, yang dapat memenuhi permintaan pengguna internet world wide web. Sebuah atau satu web server dapat dipergunakan oleh satu atau lebih website atau biasa juga disebut dengan web hosting.

Arti Server itu sendiri ada pelayan atau yang memberikan/menyuguhkan jadi dalam kasus ini web server adalah sebuah layanan yang memberikan informasi daam bentuk website kepada peminta informasi yaitu kita.

Pengertian WebServer

Pengertian web server sendiri dapat dengan mudah diambil dari penjelasan diatas adalah sebuah software yang terpasang pada sebuah hardware melayani permintaan antara client atau komputer/laptop kita dengan server secara langsung menggunakan protokol Hypertext Transfer Protocol (HTTP/HTTPS) baik itu yang secure dan tidak.

Fungsi WebServer

Fungsi Web Server dan cara kerja web server sendiri adalah untuk menampilkan halaman sebuah website seperti facebook.com, instagram.com dan lain sebagainya yang berisikan gambar, style sheet dan bahasa pemrograman lain selain konten teks.

Beberapa webserver dapat dipergunakan secara bersamaan untuk hanya untuk melayani satu website sendiri yang memiliki kebutuhan untuk menangani akses yang besar ke sebuah website sebut saja facbook.com, karena tingginya tingkat pertukaran data maka tidak akan mungkin hanya di tangani oleh satu web server saja.

Contoh WebServer

Beberapa Contoh Web Server yang paling banyak dipergunakan dan sedang naik daun saat ini karena menawarkan kecepatan, kemudahan dan flesibilitas untuk dapat dengan mudah dan cepat melakukan install webserver agar dapat segera dipergunakan, dan berikut  adalah contoh webserver tersebut:

Apache WebServer

Apache merupakan software layanan webserver terkenal dan paling populer. Hasil dari  survei W3Tech Top Ranks Web Server pada bulan januari tahun 2020 ini , Webserver Apache server adalah yang paling banyak dipergunakan. Bahkan, dari seluruh webserver yang ada diluaran sana, pengguna Apache Webserver sendiri telah mencapai 41.5%. Hal tersebut terjadi karena Apache webserver sangatlah fleksibel. Apache sendiri dapat digunakan pada berbagai sistem operasi yang ada saat ini.

Selain kemampuan fleksibel, konfigurasi serta pengaturan apache webserver sendiri sangatlah mudah dan dapat dibilang cukup simple. Tidak ada pengaturan yang rumit dan ribet untuk menggunakan web server yang satu ini. Karena alasan tersebut dapat menjadi alasan utama banyaknya orang menggunakan Apache sebagai webserver untuk layanan hosting website mereka.

Keunggulan WebServer Apache :

  • Konfigurasi yang mudah untuk webserver dan tidak rumit
  • Open Source sehingga tidak perlu memikirkan lisensi
  • Pengguna yang banyak sehingga komunitas tumbuh pesat dan besar
  • Mudah untuk melakukan installasinya

Nginx WebServer

NginX (dibaca : Engine X) merupakan sebuah webserver kedua yang saat ini paling banyak dipergunakan, Nginx atau biasa disebut juga Engine X sedang banyak digemari oleh pemain website berpengalaman maupun baru karena layanan webserver yang satu ini dapat dibilang cukup stabil serta hemat resource perangkat hardware server.

Kelebihan tersebut menjadi salah satu alasan NginX menjadi web server primadona nomor dua yang banyak digunakan, Selain itu, banyak fitur NginX yang dapat bekerja lebih baik dan efisien dalam menangani request dengan cepat dari sebuah website yang memiliki trafik pengguna tinggi menjadi nilai plus NginX.

Keungglan WebServer NginX

  • Lebih ringan dan efisien
  • Stabil dan Hemat Resource hardware server
  • Performa yang lebih baik dalam menangani website dengan arus trafik tinggi
  • Open Source tidak memerlukan lisensi untuk menggunakanya

LiteSpeed Web Server

Litespeed merupakan primadona baru bagi pemain wordpress dan seo (search engine optimizer) dan merupakan sebuah webserver yang dapat dikatakan sebagai webserver website yang memiliki performa terbaik, terutama bagi pengguna wordpress. Bukti dari primadona webserver ini adalah penyedia webhosting indonesa dan manca negara yang menggunakan Litespeed sebagai unggulan apps web server mereka.

Dari hasil sebuah riset menghasilkan, Litespeed memiliki lebih banyak kelebihan yang diantaranya berupa kecepatan pada proses 50% lebih cepat serta efisien dalam memproses baris-baris kode PHP dan dikatakan 6x bekerja lebih cepat serta efisien dari Apache.

Keungglan LiteSpeed Webserver

  • Memiliki Fitur anti DDoS
  • Terdapat fitur recover kesalahan secara live
  • Memiliki performa yang lebih baik
  • Sangat kompatibel dengan .htaccess idaman pengguna wordpress

Lighttpd WebServer

Satu lagi webserver yang di rilis tahun 2003 adalah Lighttpd. Lighttpd dibuat dan dikembangkan oleh Jan Kneschke ditahun 2003 saat dia sedang menyelesaikan tesis untuk studinya. Diambil dari halaman website resminya, Lighttpd adalah webserver yang memiliki kelebihan dalam menghemat resource server serta memiliki performa bagus sebagai layanan webserver karena memiliki sistem pengaturan CPU Load yang sangat efektif. Selain itu, Lighttpd didesain secara khusus untuk bekerja dengan performa tinggi, lighttpd sangat mengedepankan faktor keamanan, kecepatan, fleksibilitas serta compliance. Webserver yang satu ini memiliki footprint memori yang cukup kecil jika diadu dengan webserver lainnya. Fitur-fitur advanced seperti FastCGI, SCGI, Auth, Output-Compression, URL-Rewriting dan masih banyak lagi melengkapi webserver yang satu ini.

Dari penjelasan diatas jika ada yang bertanya Apa itu webserver ? pengertian web server,contoh web server sudah dapat dijawab dan dejelaskan. Tutorial dan Paduan cara install webserver akan ditulis berikutnya sebagai bahan belajar bersama dan dapat dipergunakan sebagai referensi pengetahuan.

What do you think?

Written by MakeIT

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
cara mengembalikan data setelah factory reset HP Oppo

cara mengembalikan data setelah factory reset HP Oppo