Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver

Mar 27, 2019Ubuntu0 comments

Apa itu Ubuntu 18.04 Bionic Beaver ?

Ubuntu 18.04 dirilis pada tanggal Kamis, 26 April 2018. Sejak saat itu, Ubuntu 18.04 Bionic Beaver memberikan jutaan pengguna di seluruh dunia dengan sistem operasi yang bebas, stabil, dan aman.

Berapa Lama Waktu Rilis Ubuntu ?

Ubuntu 18.04 Bionic Beaver dirilis pada 26 April 2018, dan rilis mendatang akan muncul kembali setiap 6 bulan (Anda dapat upgrade semudah update, hanya perlu waktu sedikit lebih lama) pada bulan April dan Oktober.

Apa itu Ubuntu 18.04 LTS ?

LTS adalah kependekan dari Long Term Support. Ubuntu 18.04 Bionic Beaver adalah rilis LTS, dan akan memberikan dukungan pengembangan dan pembaharuan selama 5 Tahun hingga April 2023. Itulah sebabnya banyak orang memilih LTS cocok untuk orang-orang yang tidak ingin terus berubah atau harus membayar untuk upgrade. Ini juga merupakan pilihan yang terbaik untuk bisnis atau server yang tidak ingin terlalu sering melakukan upgrade besar.

Bagaimana Cara Install Ubuntu 18.04 LTS ?

Ubuntu 18.04 Bionic Beaver keluar pada tanggal 26 April 2018. Bawaan desktop saat ini menggunakan GNOME 3.28, peningkatan kecepatan saat boot, memberikan opsi instalasi minimal, VLC sebagai standar multimedia player, LibreOffice 6.0 yang diperbarui, pembaruan keamanan otomatis, dan menghilangkan opsi installer Ubuntu 32-bit .

Baca : Cara Install Debian 9 Stretch

Dimana Mendapatkan Ubuntu 18.04 LTS ?

Anda dapat mengunduh Ubuntu 18.04 dari Ubuntu.com. Ukuran file adalah kurang lebih 2 Gigabyte dan dapat memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam, bergantung pada kecepatan koneksi internet yang dimiliki. Untuk mempercepat proses download, berikut ini adalah daftar mirror yang ada di server indonesia.

http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/18.04/

http://kartolo.sby.datautama.net.id/ubuntu-cd/bionic/

http://ftp.unpad.ac.id/iso/ubuntu/18.04.2/

Bagaimana Cara Membuat Installer Ubuntu 18.04 LTS ?

Untuk menginstal Ubuntu, pertama-tama Anda harus mengubah ISO Ubuntu 18.04 ke beberapa bentuk media. Pilihan yang ada adalah DVD atau USB Flashdisk. Sebagian besar komputer dapat melakukan booting dari keduanya. Kecuali mereka tidak memiliki drive disk atau DVD Rom, dalam kasus ini Anda dapat melewati paragraf berikutnya, karena Anda akan menggunakan USB flashdisk.

Untuk DVD blank RW berarti dapat menulis data baru berulang kali, sedangkan R berarti hanya dapat di burn sebanyak satu kali. Dan DVD Installer Ubuntu 18.04 Itu dapat dipegunakan lagi.

Untuk USB Flasdisk, ukuran yang sangat disarankan adalah minimum 8Gb meskipun sebenarnya 4Gb sudah cukup. Untuk membuat Bootable USB Flasdisk Ubuntu 18.04 dapat merujuk pada artikel yang telah ada sebelumnya pada tautan berikut :

Cara Membuat Installer USB Bootable Windows Ubuntu

Cara Install Install Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

Setelah memebuat media installer ke DVD atau USB, reboot komputer. Jika akan melakukan installasi pada komputer yang dipergunakan saat ini, sangat disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu dan menyimpan halaman ini dalam bentuk print out supaya dapat dibaca kembali saat proses installasi berlangsung atau baca dahulu sampai selesai agar mengerti sepenuhnya dan terhindar dari kesalahan saat installasi Ubuntu 18.04 Bionic Beaver berlangsung.

Hidupkan kembali komputer, tekan tombol Pengaturan untuk memilih boot. Tombol fungsi ini biasanya adalah (F1 hingga F12), atau sesuatu seperti ESC. Biasanya terdapat pada bagian bawah berlabel Setup atau Boot Order. Kalau tidak dapat ditemukan, baca sesuai dengan merk komputer atau motherboard yang dipergunakan. Pilih untuk boot menggunakan USB.

Biarkan proses boot ke USB berjalan dan jika berhasil maka akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini.

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver | 1 Welcome

Klik Continue untuk install

Klik Continue untuk memulai install. Anda dapat membuka installer lagi nanti jika ingin memilih untuk mencobanya. Tetapi perlu diingat live Disc / USB akan bekerja dengan lambat sehingga sangat disarakan untuk menginstalnya, dan semua yang dilakukan pada mode ini tidak akan disimpan.

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver | 2 KeyboardLayout

Pilih Keyboard Layout

Ini mungkin langkah paling teknis dalam instalasi. Klik Detect Keyboard Layout agar secara otomatis dideteksi. Lanjutkan dengan Klik Continue.

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver | 3 UpdatesAndOtherSoftware

Updates dan Multimedia Format

Pada halaman Updates and other Software ini, sangat disarakan untuk memilih opsi Download updates while installing Ubuntu dan Install third-party- software untuk otomatis install driver dan dukungan software multimedia.

Apabila kapasitas harddisk yang menjadi tujuan install kurang dari 8GB maka sangat disarankan untuk memilih opsi install minimal. Pastikan saat ini sudah terhubung dengan internet terlebih dahulu.

Proses updates dan third-party software memerlukan untuk melakukan download secara langsung ke internet, lama dan cepatnya proses ini juga sangat bergantung dari kecepatan koneksi internet yang ada. Klik Continue untuk melanjutkan

Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver | 4 InstallationType

Installation Types

Yang terlihat pada layar mungkin akan berbeda dengan gambar diatas, hal ini bisa terjadi apabila akan melakukan installasi dual boot antara Ubuntu dan Windows. Pada tutorial cara install ubuntu 18.04 ini tidak akan melakukan dual boot sehingga tamplian layar akan seperti pada gambar diatas.

Pilih opsi Encrypt dan LVM ( Logical Volume Management ) untuk meningkatkan keamanan dan memudahkan nanti pada saat melakukan manajemen atau pengelolaan harddisk. Klik Install Now

Ubuntu 18.04

Membuat Security Key

Saat pada pengaturan sebelumnya memilih untuk melakukan Encrypt guna keamanan maka akan diminta utnuk memasukan security key. Security key disni bukan password untuk login. Klik Install Now

Ubuntu 18.04 Desktop

Konfirmasi Layout Partisi

Halaman pada gambar diatas akan tampil sesaat setelah klik tombol Install Now, halaman ini merupakan halaman konfirmasi untuk perubahan layout partisi yang akan diimplementasikan. Klik Continue untuk setuju dan melanjutkan.

Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver

Lokasi dan Timezone

Halaman ini akan menentukan lokasi dimana saat ini, pilih pada peta yang tersedia maka akan dengan sendirinya menyesuaikan timezone pada Ubuntu 18.04. Pilih Jakarta dan klik Continue

Ubuntu 18.04 LTS

Membuat Username dan Password

Masukan nama pengguna dan password yang akan dipergunakan nanti. Bagian paling penting berada pada bagian username dan password untuk yang lainnya tidak terlalu penting. Opsi required password to login dipilih saja sehingga tidak semua orang dapat mempergunakan komputer atau laptop. Jika semua pengaturan telah selesai, Klik Continue

Ubuntu 18.04

Proses Install Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

Proses install Ubuntu 18.04 Bionic Beaver sedang berlangsung pada tahap akhir, menyesuaikan dengan pengaturan-pengaturan yang telah dibuat sebelumnya, pross pemasangan lama dan cepatnya juga bergantung pada spesifikasi komputer yang dipergunakan. Proses ini dapat ditinggal saja untuk melakukan kegiatan lain yang produktif.

Baca : Cara Install CentOS 7.5 Server Minimal Terbaru

Demikian akhir dari tutorial Cara Install Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver, apabila ada yang ingin ditanyakan silakan komentar dibawah, kalau ingin selalu mendapatkan update artikel terbaru silakan subscribe pada bagian kanan layar pada kotak subscribe.

Pin It on Pinterest

Share This