in ,

Cara Install Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) Minimal Server

Cara Install Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) Minimal Server | 20200812 17 Install Selesai Server Install Ubuntu 20.04 Focal Fossa Hosting 1
75 / 100 SEO Score

Cara Install Ubuntu 20.04 (Focal Fossa) Minimal Server Dengan Screenshot

Cara Install Ubuntu 20.04 (Focal Fossa) Minimal Server. Pada 23 April 2020, Canonical secara resmi merilis Ubuntu LTS dengan nama “Ubuntu 20.04 LTS Focal Fossa”. Rilis ini termasuk untuk Server dan Desktop. Artikel ini akan berisikan panduan cara install ubuntu LTS 20.04 server minimal yang disertai dengan screenshot. Sebelum kita memasuki proses install, lebih dahulu kita lihat fitur-fitur apa saja yang terdapat didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang dapat dijadikan perhatian pada rilis Ubuntu 20.04 Long Term Support (LTS) ini.

  • Karena merupakan LTS (Long Term Support), maka dukungan yang diberikan adalah sepanjang 5 tahun yaitu sampai dengan April 2025 dan 10 tahun dukungan untuk security dibawah UA-I subscription.
  • Fitur Two-Factor autentikasi untuk SSH
  • Bootloader yang fleksibel, pada rilis Ubuntu LTS sebelumnya bootloader akan ditulis pada single disk sedangkan pada Ubuntu 20.04, bootloader dapat di tulis pada multi disk untuk menghindari kegagalan total (single point of failure).
  • Pengenalan WireGuard VPN
  • Update otomatis melalui Ubuntu Server Live Installer
  • Versi kernel 5.4
  • Update software seperti QEMU 4.2, Libvirt 6.0, PHP 7.4, Ruby 2.7, GCC 9.3, Python 3.8 serta NGINX versi 1.1

Berapakah Kebutuhan Minimum Untuk Ubuntu 20.04 LTS Server (Focal Fossa)

  • RAM 4GB sangat disarankan
  • Processor Dual Core
  • 25GB Harddisk yang kosong
  • Bootable Media USB maupun DVD
  • Koneksi Internet yang stabil apabila ingin melakukan update secara langsung

Paduan Langkah Install Ubuntu 20.04 LTS Server Focal Fossa

Download Ubuntu 20.04 LTS Server ISO File

Untuk mendapatkan ISO dari Ubuntu Server 20.04 Focal Fossa https://ubuntu.com/download/server setelah ISO selesai didownload buatlah bootable USB menggunakan Rufus (windows) atau Start Disk Creator & Unetbootin (Ubuntu Desktop). Apabila belum pernah sama sekali membuat USB Bootable/Installer dari ISO, dapat merujuk pada salah satu panduan pada link yang tersedia dibawah berikut ini :

Cara Membuat USB Installer/Bootable Dengan Rufus
Cara Membuat USB Installer/Bootable Dengan Yumi

Pasang USB/DVD Installer/Bootable yang telah selesai dibuat dan lakukan restart/reboot komputer.

Memulai Cara Install Ubuntu Server 20.04 Focal Fossa Minimalis

Pemilihan Bahasa Installasi Ubuntu Server 20.04 Focal Fossa

Setelah proses restart/reboot selesai akan tampil pemilihan bahasa untuk proses installasi seperti dibawah ini.

Install-Ubuntu-20.04-Focal-Fossa-Hosting

Pergunakan kursor untuk memilih bahasa,Pilih English atau bahasa yang dikehendaki, karena tidak terdapat pilihan bahasa Indonesia maka akan tetap menggunakan bahasa inggris, Pilih English dan  Enter

Pemilihan Keyboard Layout Ubuntu Server 20.04 Focal Fossa

Ubuntu Server 20.04 Keyboard Layout

Lanjutkan dengan memilih layout keyboard yang dipergunakan, untuk melakukan pemilihan pergunakan tombol kursor dan umumnya setiap laptop dan komputer di Indonesia layout keyboard yang dipergunakan adalah Qwerty atau English US.  Pilih  Layout English (US) dan Variant English (US) tekan Enter [Done] untuk melanjutkan.

Pengaturan Network Ubuntu Server 20.04 Focal Fossa

Karena kondisi saat melakukan install ubuntu server 20.04 ini Ethernet/LAN Card sudah terpasang dengan baik ke switch dan telah ada DHCP Server, maka metode pengaturan akan menggunakan DHCP.

Network-DHCP-Install-Ubuntu-20.04-Focal-Fossa-Hosting

Secara otomatis akan mendapatkan IP Address seperti pada gambar diatas terlihat mendapatkan IP Address 10.0.4.253/24. Lanjutkan dengan memilih Done dan Enter seperti gambar dibawah ini.

Done-Network-IPv4-Install-Ubuntu-20.04-Focal-Fossa-Hosting

Konfigurasi Proxy Untuk Proses Installasi Ubuntu 20.04

Ubuntu Server 20.04 Proxy Setup

Karena tidak terdapat proxy pada jaringan yang dipergunakan dan tidak ingin menggunakan proxy maka pada bagian ini dilanjutkan dengan memilih Done dan Enter

Pengaturan Repository Ubuntu 20.04

Ubuntu Server 20.04 Mirror Repository

Pada bagian repository biarkan saja secara default karena secara otomatis akan memilihkan Repository Ubuntu Server LTS 20.04 Focal Fossa yang sesuai dengan geolocation kita, atau mungkin menggunakan metode bestpath mana yang lebih dekat dan cepat disesuaikan dengan provider koneksi internet . Seperti yang tampak pada gambar diatas, mirror dari repository diarakan secara default ke http://id.archive.ubuntu.com/ubuntu

Repository Ubuntu 19.04 Server Indonesia Lengkap

Repository Ubuntu 20.04 Focal Fossa Indonesia Lengkap

Pengaturan Partisi Harddisk Ubuntu 20.04

Partisi-Harddisk-Install-Ubuntu-20.04-Focal-Fossa

Bagian ini merupakan pengaturan partisi hardisk yang akan dipergunakan oleh Ubuntu 20.04 LTS, opsi yang dipergunakan adalah Use Entire Disk dan Setup this disk as an LVM Group dan membiarkan installer ubuntu 20.04 LTS membuat partisi LVM (Logical Volume Management) secara otomatis.  Dan dibawah ini adalah gambar yang berisikan ringkasan informasi mengenai susunan partisi yang akan dibuat.

Layout-Partisi-Install-Ubuntu-20.04-Focal-Fossa

Jika telah puas dengan susunan partisi yang telah dibuat secara otomatis, tekan Done untuk melanjutkan.

Ubuntu Server 20.04 Konfirmasi Partisi

Halaman konfirmasi bahwa telah setuju dengan layout partisi, lanjutkan dengan pilih Continue

Membuat Username dan Password Administratif Ubuntu

Ubuntu Server 20.04 Membuat Username dan Password

Proses selanjutnya adalah membuat username dan password yang nanti akan dipergunakan, isi seluruh isian yang telah disediakan dan jangan lupa untuk memperhatikan pada bagian password, semakin rumit, susah ditebak dan sulit untuk dihafalkan semakin baik. Jika pelupa, tidak ada salahnya untuk mencatat password tersebut.

Install OpenSSh Pada Ubuntu Server 20.04 LTS

Ubuntu Server 20.04 OpenSSH Server

Selanjutnya adalah opsi untuk melakukan pemasangan layanan ssh supaya nanti dapat dilakukan manajemen server melalui remote, pada bagian ini opsi yang dipilih adalah Install OpenSSH Server dan tekan Done

Pemilihan Fitur Tambahan Server

Ubuntu Server 20.04 Paket Tambahan

Selanjutnya akan dibawa pada halaman pemilihan aplikasi atau software yang biasanya umum dipergunakan pada server, silakan pilih aplikasi atau software yang dikehendaki. Karena tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan maka pada bagian ini dibiarkan tidak memilih dan lanjutkan dengan menekan Done

Saat kita melakukan pemilihan aplikasi atau software diatas, sebenarnya proses cara Install Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) Minimal Server telah berjalan, dan saat proses install telah selesai maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini.

Ubuntu Server 20.04 Proses Installasi Selesai

Proses installasi selesai, pilih Reboot now, sesaat setelah proses reboot selesai silakan melakukan remote ssh ke IP Address yang telah disetup tadi, hasil akhir adalah seperti gambar dibawah ini dapat melakukan remote login dengan menggunakan Putty

Cara Install Ubuntu 20.04 Server Berhasil

Cara Install Ubuntu 20.04 (Focal Fossa) Minimal Server telah selesai, apabila ada yang kurang jelas dan ada masukan silakan dilakukan pada kolom komentar dibawah, atau ada permintaan khusus panduan atau tutorial mengenai server ubuntu juga silakan melakukan komentar dibawah.

What do you think?

Written by ngadimin

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Yumi Multiboot

Panduan Cara Membuat USB Bootable Dengan Yumi Multiboot USB Creator

Tutorial Cara Install Virtualbox 6.1 Windows 10/8.1/8/7 2020