in ,

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox

2 Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox Untuk Meningkatkan Keamanan

DNS Over HTTPS di Firefox US
DNS Over HTTPS di Firefox US
91 / 100

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox adalah artikel yang berisikan panduan untuk dapat mengaktifkan fitur DNS over HTTPS (DOH) browser Firefox baik itu di sistem operasi windows, Linux maupun MacOS. Bagi sebagian orang pasti belum mengerti, apa sih itu DNS over HTTPS dan bagaimana cara menggunakannya, untuk itu silakan membaca penjelasan ringkas berikut ini mengenai DNS Over HTTPS di firefox.

Table of Content

Apa itu DNS Over HTTPS di Firefox ?

Saat kita melakukan akses terhadap suatu website atau domain, sebagai contoh melakukan akses ke www.mozilla.org saat kita mengetikan naman website tersebut pada address bar, browser kita mengirimkan permintaan ke internet untuk melihat alamat IP Address dari website tersebut.

Cara yang dipergunakan oleh umumnya browser adalah mengirimkan permintaan dalam baris text yang tidak di enkripsi, hal ini memungkinkan pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab untuk dapat melihat website apa yang sedang akan kita akses.

Dengan DNS-Over-HTTPS (DOH) bekerja dengan cara yang berbeda dari model perintaan informasi website seperti pada umumnya. Permintaan nama domain dari website dikirimkan ke Server DNS yang telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga DoH-compatible dalam bentuk yang telah di enkripsi. Hal ini, memastikan bahwa tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat website apa yang akan kita buka.

Pada tahun 2019, Mozzila selaku pengembang browser Firefox mengumumkan akan dengan otomatis mengaktifkan fitur DnS Over HTTPS ini kepada seluruh pengguna desktop di Amerika Serikat. Implementasi DoH ini juga menerapkan fitur “Fallback” jadi apabila saat membuka sebuah website dan gagal membukanya dengan berbagai alasan tentunya, Firefox akan otomatis menggunakan DNS yang telah diatur oleh sistem operasi dan tidak menampilkan error.

Bagi setiap pengguna Firefox yang ada di Amerika, akan muncul notifikasi saat pertama kali DoH aktif, memberikan pilihan kepada pengguna Firefox akan menggunakan DNS over HTTPS atau tidak, jika pengguna tidak setuju dengan ini maka akan menggunakan DNS yang telah diatur oleh Sistem Operasi.

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox

Mengapa Perlu DNS Over HTTPS di Firefox ?

Sudah tentu perlu dan sangat penting, fitur ini merupakan fitur yang wajib untuk aktif sehingga dapat menjamin setiap keamanan pengguna browser Firefox. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dengan kejadian data dari salah satu toko online (e-commerce) terbesar di Indonesia mengalami pencurian data pelanggan yang dapat dimanfaatkan ke berbagai kejahatan digital. Paling sederhana yang dapat ditemui dan merasakan dampaknya adalah spamming sms dan email phising yang meningkat semenjak kejadian tersebut. Berbicara mengenai aplikasi sudah barang tentu DNS Over HTTPS ini bukan sesuatu yang sepenuhnya sempurna, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan DNS over HTTPS di Firefox.

Kelebihan DNS Over HTTPS di Firefox

  • DoH meningkatkan privasi
  • DoH melakukan enkripsi setiap permintaan domain
  • Memastikan tidak ada pihak yang melakukan koleksi data personal
  • Melewati blokir DNS ( Internet Positif dll )

Kekurangan DNS Over HTTPS di Firefox

  • Beberapa orang atau organisasi yang menerapkan block malware melalui DNS, Parental Kontrol, Internet Positif DoH akan melakkan bypass dan tidak akan mengikuti pengaturan tersebut.
  • DoH bisa saja bekerja lebih lambat dari DNS tradisional, namun dari pengalaman dampak ini sangat minimal dan hampir tidak terasa.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan DNS Over HTTPS, untuk pengguna di Indonesia dapat Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox dengan langkah-langkah berikut ini di bawah.

Bagaimana Cara Mengakfitkan DNS Over HTTPS di Firefox ?

Silakan mengikuti langkah demi langkah dibawah ini untuk memastikan bahwa DNS Over HTTPS di Firefox aktif

1. Buka Browser Firefox
Masukan pada address bar about:config dan tekan Enter

DNS Over HTTPS di Firefox
DNS Over HTTPS di Firefox

Akan muncul halaman peringatan.

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox

Klik Accept the Risk and Continue untuk dapat melanjutkan ke halaman about:config

2. Mengubah Pengaturan Network.trr.mode

Pada halaman preference lakukan pencarian ketik network.trr.mode dan tekan Enter

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa nilainya adalah 0 yang menunjukan status sudah Enable, jika tidak menunjukan seperti gambar ubah nilanya dengan menekan ikon pensil dan simpan perubahannya.

3. Mengaktifkan DNS Over HTTPS
Klik Menu Firefox di kanan atas lihat gambar dibawah

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox

Lanjutkan memilih Options

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox

4. Pilih Settings

Pilih General yang ada pada menu sebelah kiri dan scroll ke paling bawah sampai ketemu Settings

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox | DNS Over HTTPS di Firefox

5. Enable DNS Over HTTPS CloudFlare
Pada halaman settings, scroll kebagian paling bawah dan aktifkan DNS Over HTTPS dan memilih CloudFlare atau NextDNS, secara default pilihan akan CloudFlare.

DNS Over HTTPS di Firefox Aktif
DNS Over HTTPS di Firefox Aktif

Proses aktifasi DNS Over HTTPS di Browser Firefox telah selesai dilakukan, klik OK untuk menutup.

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox telah berakhir dengan selesainya pengaturan diatas. Untuk pengguna browser lainnya selain firefox tidak perlu berkecil hati, akan ditambahkan apabila browser tersebut memiliki fitur DNS Over HTTPS.

What do you think?

Written by MakeIT

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
Cara Install Nginx di Ubuntu 20.04

Cara Optimasi Nginx Cache Dengan tmpfs di Ubuntu

Istilah Reset Pada SmartPhone

Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android