in , , ,

Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android

Berikut ini adalah daftar istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android yang banyak ditemukan serta dipergunakan saat melakukan perbaikan atau mengoperasikan smartphone (ponsel)

Istilah Reset Pada SmartPhone
Istilah Reset Pada SmartPhone
78 / 100

Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android ini adalah artikel mengenai istilah atau penamaan kegiatan dalam memperbaiki ponsel atau smartphone Android yang umum dipegunakan pada panduan-panduan cara memperbaiki yang ada di internet. Istilah hard reset, soft reset, reset recovery, flash stock rom, flash recovery, factory default. Hard reset bertujuan untuk mengembalikan software dari handphone/ponsel/smartphone/tablet (dan termasuk alat elektronik lainnya) kembali ke pengaturan pabrik seperti saat pertama kali ponsel dipergunakan.

Table of Content

1. Apa itu Hard Reset ?

Hard reset sendiri merupakan istilah pada smartphone umumnya dipergunakan untuk melakukan perbaikan, malfungsi atau menghapus seluruh data elektronik yang berisi didalamnya, hal ini tentu saja tidak termasuk sistem operasi android atau windows phone didalamnya untuk kemudian di jual. Yang pantut menjadi cacatan penting adalah, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan backup data (cadangkan data), karena kegiatan hard reset ini tidak dapat digagalkan dan data tidak dapat pulih kembali (restore) serta tidak dimungkinkan untuk mengembalikan kembali data dan pengaturan Android dan apps, software didalamnya.

Lebih sederhananya, setelah melakukan Hard Reset seluruh data akan HILANG!

1.1 Kapan Memerlukan Hard Reset Smartphone Android

kapan sebenarnya kita memerlukan untuk melakukan hard reset pada smartphone Android maupun Sistem Operasi Mobile lainnya?, istilah Hard Reset dapat dilakukan saat ponsel/smartphone mengalami kejadian berikut ini :

  • Ingin menghapus seluruh data dari smartphone/ponsel (Wipe All Data)
  • Saat lupa pola kunci (kunci pola)
  • Saat lupa kata sandi (password)
  • Lupa pin screen lock
  • Saat ponsel/smartphone mengalami hang/macet/freeze/frozen akibat crash dan lain sebagainya
  • Ketika saat dipergunakan ponsel/smartphone terasa sangat lambat sekali

1.2 Apakah aman melakukan Hard Reset di HP ?

Menggunakan hard reset sangatlah aman dan umumnya tidak akan mengakibatkan kerusakan. Saat fitur hard reset ini dipergunakan, software handset/gadget akan kembali ke pengaturan pabrik seperti saat pertama kali keluar dari pabriknya.

2. Apa itu Soft Reset Pada Ponsel?

Maksud dari istilah Soft Reset pada smartphone sendiri sebenarnya adalah melakuan reboot device/restart hp atau lebih mudah sekali adalah mematikan dan menghidupkan kembali HP yang tidak berdampak pada hilangnya data atau pengaturan/settings pada HP. Soft Reset umumnya akan sangat membantu mengatasi masalah-masalah sederhana, seperti ponsel terasa sangat lambat atau terjadi sistem operasi Android error pada HP. Langkah ini seringkali menjadi obat pertama yang akan diterapkan sebelum ke perbaikan yang lebih kompleks.

Istilah Reset Pada SmartPhone Untuk Update dan Upgrade Android

3. Apa itu Mode Recovery (Recovery Mode) ?

Recovery membantu memperbaiki installasi dan melakukan install sistem operasi resmi untuk update sistem menggunakan tombol kombinasi tertentu sesuai dengan merk smartphone/ponsel android yang dipergunakan. Pada HP Android, pada recovery mode dapat melakukan :

  • fastboot device (HP)
  • Mengetahui informasi perangkat lebih detail
  • wipe data (hapus data)
  • Melakukan Reset Pada Smartphone

Juga dapat melakukan perubahan atau kustomisasi agar dapat memasukan fitur yang lebih banyak lagi. Recovery mode merupakan stardar yang dipergunakan seluruh ponsel/smartphone/HP yang menggunakan sistem operasi Android.

Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android
Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android

4. Apat itu Download Mode ( Mode Unduh)

Download Mode merupakan sebuah fitur sub-sistem yang dipergunakan untuk melakukan flash stock rom firmware atau firmware yang telah di kustomiasasi. Download Mode ini umumnya dipergunakan oleh handset/gadget Samsung dan dapat dilihat perbandinganya dengan Fastboot / Bootloader Mode pada ponsel HTC Dan Nexus. Pada beberapa merk ponsel, metode ini dipergunakan untuk melakukan flashing ROM atau melakukan system update. Handphone/smartphone pertama yang menggunakan fitur download mode adalah pabrikan Samsung. Dengan menggunakan fitur tersembunyi ini dapat membaca beberapa informasi yang lebih banyak seperti FRP Status, detail model hp atau system data.

4.1 Cara Masuk Download Mode HP Samsung

Terdapat beberapa cara untuk dapat masuk download mode pada HP Samsung, cara yang banyak dipergunakan adalah menggunakan kombinasi tombol Volume Down (-) atau Volume (+) dibarengi dengan Home + Power. Kadang, untuk dapat masuk kedalam Download Mode harus menggunakan kabel micro USB atau kabel USB C yang terhubung ke komputer/laptop.

4.2 Cara Keluar Dari Download Mode

Saat secara tidak sengaja waktu mengoperasikan smartphone/ponsel Android dan masuk ke Download Mode keluarlah segera agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Cara paling mudah dan tercepat untuk keluar dari Mode Download adalah dengan menahan Tombol Power untuk kurang lebih 10 detik.

4.3 Apa yang harus dilakukan jika terjebak di Download Mode ?

Untuk megatasi masalah ponsel terjebak pada Download Mode, yang dapat dilakukan adalah melakukan force restart. Jika dimungkinkan adalah dengan melepas baterai HP dan memasangnya kembali. Namun jika baterai ponsel/hp adalah baterai tanam, maka tekan Tombol Power dengan waktu yang cukup lama atau sampai dengan ponsel benar-benar mati, pastikan cabut seluruh kabel yang terhubung antara HP/ponsel/smartphone/handphone dengan komputer/laptop.

5. Apa itu Bootloader Mode ?

Botloader mode atau mode bootloader merupakan kode atau script yang dijalankan setiap kali oleh sistem operasi saat handphone/smartphone pertama kali dinyalakan. Baris kode / script tersebut memberikan instruksi kepada kernal system untuk melakukan boot secara normal. Umunya pada beberapa perangkat smartphone atau handphone bootloader di kunci oleh pabrikan untuk mencegah pengguna untuk dapat mengganti sistem operasi yang secara khusus dibuat untuk model tertentu. Bootloader mode ini umumnya dipergunakan oleh ponsel HTC dan beberapa merk ternama lainnya seperti xiaomi.

Istilah Reset Pada SmartPhone Untuk Memperbaiki Android

6. Apa itu Fastboot ?

Fastboot merupakan sebuah protokol yang dipergunakan untuk melakukan update/pembaharuan flash file system pada device/handphont. Dengan menggunakan fastboot dapat melakukan modifikasi system image dari komputer melalui sambungan USB. Fitur ini akan sangat berguna saat ingin melakukan update firmware tanpa menggunakan recovery mode. Mode fastboot ini biasa dipergunakan smartphone/ponsel HTC, Sony Xperia, Alcatel atau ZTE.

7. Apa itu Safe Mode ?

Dengan Safe mode memungkinkan menyalakan perangkat dengan seluruh apps pihak ketiga dimatikan/disable. Dengan safe mode aktif tidak akan diketemukan kendala saat menghapus seluruh apps yang menyebabkan konflik atau software yang bermasalah. Metode safe mode ini umumnya terdapat pada handphone/ponsel/hp dengan brand LG.

8. Apa itu Factory Reset Protection (FRP)

Android Factory Reset Protection (FRP) merupakan sebuah fitur yang teradapat pada versi Android OS 5.1 atau versi yang tinggi atau lebih baru. FRP mencegah orang lain untuk menggunakan handphone dan melakukan factory reset / pengaturan pabrik tanpa seijin dari pemilik handphone tersebut. Factory reset / kembali ke pengaturan pabrik dapat mungkin dilakukan hanya dengan memiliki akses Google Account yang terpasang pada handphone.

Artikel Daftar Istilah Reset Pada SmartPhone (Ponsel) Android telah selesai, dengan informasi mengenai daftar istilah reset diatas tidak perlu takut lagi saat ingin melakukan hard reset, soft reset dan bahkan restore factory default (kembali ke pengaturan pabrik) saat mengalami lupa pola kunci, handphone android menjadi lemot karena terjadi crash pada aplikasi pihak ketiga dan lain sebagainya.

Bosan dengan firmware stock rom bawaan dari smartphone yang terkadang berisikan bloatware yang membuat handphone android jadi lambat, karena sudah mengerti fungsi bootloader, recovery dan fastboot maka sekarang udah bisa melakukan flash custom rom firmware menggunakan flash tools. Silakan lihat pada kategori Smartphone di makeitfossible.web.id untuk meliat tutorial dan cara melakukan flash menggunakan flash tools untuk ponsel android kamu.

What do you think?

Written by MakeIT

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
DNS Over HTTPS di Firefox US

Cara Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Firefox

3 Cara Reset Xiaomi Redmi Note 8

3 Cara Reset Xiaomi Redmi Note 8